Pengertian Oksidasi dan Contohnya

1 min read

Pengertian Oksidasi

Pengertian Oksidasi dan Contohnya – Oksidasi dikaitkan dengan reaksi pengikatan oksigen, reaksi kehilangan elektron, dan reaksi peningkatan keadaan oksidasi. Sedangkan dengan reduksi yang berkaitan dengan reaksi pada pelepasan oksigen, yaitu reaksi penangkapan elektron, dan juga pada reaksi reduksi oksidasi.

Pengertian Oksidasi

Pengertian Oksidasi yaitu adalah sebuah interaksi kontak secara langsung antara molekul oksigen dan juga semua zat yang berbeda dari benda mati ke dalam jaringan hidup seperti pada tanaman. Oksidasi akan terjadi bila terjadi kontak antara radikal bebas dengan udara seperti oksigen dan air.
Oksidator adalah zat yang mengoksidasi zat lain. Reduksi yaitu adalah kebalikan dari arti pada oksidasi, yaitu suatu zat yang dapat mereduksi pada zat lain. Oksidasi berarti memperoleh oksigen, sedangkan reduksi berarti kehilangan oksigen.

Reduksi dan oksidasi terjadi secara bersamaan sehingga reaksi tersebut disebut reaksi redoks (reduksi-oksidasi). Jadi bisa dapat disimpulkan bahwa dari proses oksidasi yaitu adalah suatu proses yang telah terjadi ketika satu elektron hilang ketika dua atau lebih zat sedang berinteraksi.

Oksidasi memiliki beberapa manfaat diantaranya untuk pembentukan aluminium yang tahan lama, namun oksidasi juga bersifat merusak misalnya menimbulkan karat pada besi, kerusakan buah segar seperti apel yang dipotong akan berubah warna menjadi coklat dan sebagainya. Namun, tidak semua bahan yang berinteraksi dengan molekul oksigen terurai menjadi karat. Proses oksidasi juga tergantung pada oksigen dan sifat bahan yang disentuhnya.

Konsep Bilangan Oksidasi

Konsep dari reaksi redoks sendiri dapat melibatkan pada transfer pada elektron yang hanya bisa terjadi pada senyawa ionik, sedangkan pada senyawa kovalen tidak bisa. Oleh karena itu, bisa muncullah sebuah konsep pada redoks ketiga, yaitu adalah deengan berdasarkan perubahan pada bilangan oksidasi atau (biloks).

Bilangan oksidasi yaitu adalah muatan positif dan juga negatif pada sebuah atom. Adapun untuk unsur pada bilangan oksidasi yang positif biasanya adalah atom pada unsur logam, seperti Na, Fe, Mg, Ca, dan juga unsur logam lainnya. Sedangkan pada unsur dengan menggunakan bilangan oksidasi negatif biasanya yaitu adalah atom dengan unsur nonlogam, seperti pada O, Cl, F, dan juga pada unsur nonlogam lainnya.

Berdasarkan dengan konsep perubahan pada bilangan oksidasi, reaksi reduksi yaitu adalah sebuah reaksi yang dapat menurunkan bilangan oksidasi. Reaksi oksidasi adalah reaksi yang meningkatkan bilangan oksidasi.

Demikianlah ulasan tentang pengertian oksidasi semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!