Pengertian Oksigen

1 min read

Pengertian Oksigen

Pengertian Oksigen – Oksigen merupakan salah satu hal terpenting bagi kebutuhan manusia. Tetapi penyakit pada paru-paru sendiri atau seperti pada kondisi medis yang lain-nya, Anda tidak akan bisa mendapatkan cukup banyak pada oksigen dengan secara alami.

Pengertian Oksigen

Pengertian Oksigen adalah merupakan gas unsur kimia yang tidak berwarna, tidak memiliki bau, tidak ada rasanya, yang muncul dalam jumlah yang sangat besar di bumi, dan terperangkap di atmosfer bumi. Oksigen merupakan salah satu dari komponen vital yang sangat dari sebuah proses respirasi tanpa itu, sebagian besar pada organisme yang ada dibumi akan mati dalam waktu beberapa menit saja.

Menurut berbagai sumber, kekurangan oksigen bisa membuat Anda sesak napas dan menyebabkan masalah pada jantung, otak, dan bagian tubuh lainnya. Pasien Covid-19 sering mengalami kondisi ini. Oleh karena itu, tidak heran jika tabung oksigen kini mulai banyak dicari. Dalam hal ini, terapi oksigen dapat membantu. Ini adalah cara untuk mendapatkan oksigen ekstra untuk Anda hirup.

Fungsi Oksigen

Melansir dari berbagai sumber yang ada, fungsi terapi oksigen yaitu bisa sangat bermanfaat bagi mereka yang sering mengalami kadar oksigen yang rendah. Secara signifikan oksigen dapat meningkatkan kualitas untuk hidup, dan juga dalam banyak kasus yang dapat memperpanjang harapan untuk hidup. Terapi oksigen senditi juga dapat mengurangi berbagai gejala oksigen seperti:

• Sakit kepala
• Sifat lekas marah
• Kelelahan
• Pergelangan kaki bengkak

Terapi oksigen berfunsi untuk pertumbuhan dan juga perkembangan pada anak kecil yang telah memiliki kondisi paru-paru yang kronis. Ini juga bisa mengurangi pada beberapa gejala yaitu seperti pada sakit kepala yang bisa disebabkan oleh kadar pada oksigen yang rendah, dan juga perubahan perilaku atau masalah lainnya.

Risiko Bahaya

Melansir dari berbagai sumber, penggunaan oksigen medis yang berlebihan dapat menyebabkan keracunan oksigen. Kadar pada oksigen yang terlalu tinggi akan dapat bisa membahayakan pada jaringan paru-paru Anda.

Kantung udara kecil (alveoli) di paru-paru dapat terisi dengan cairan dan dapat menghentikan paru-paru mengembang (paru-paru kolaps). Paru-paru sendiri kemudian akan tidak bisa menghirup udara dengan secara normal. Hal ini dapat mempersulit paru-paru untuk mengirimkan oksigen ke darah.

Tanda-tanda keracunan oksigen termasuk batuk, iritasi tenggorokan ringan, nyeri dada, kesulitan bernapas, otot berkedut di wajah dan tangan, pusing, penglihatan kabur, mual, tidak nyaman, kebingungan, dan bahkan kejang.

Demikianlah ulasan tentang pengertian oksigen semoga bermanfaat.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

error: Content is protected !!